Tugas Mandiri 12

 Pengamatan Perilaku Konsumsi Tidak Berkelanjutan

Lokasi Observasi: Minimarket

A. Hasil Pengamatan (Tabel Observasi)

NoPerilaku Konsumsi Tidak Berkelanjutan (Deskripsi Singkat)Frekuensi KejadianDampak Negatif Utama
1Konsumen membeli air mineral botol plastik kecil (330–600 ml) untuk sekali minum lalu langsung dibuangSangat seringPenumpukan sampah plastik sekali pakai
2Penggunaan kantong plastik meskipun jumlah barang sedikit dan bisa dibawa tanganSangat seringLimbah plastik dan pencemaran lingkungan
3Pembelian produk makanan/minuman dengan kemasan berlapis (plastik + sachet + karton)SeringSulit didaur ulang, volume sampah meningkat
4Pembelian makanan siap saji mendekati kedaluwarsa yang akhirnya tidak dihabiskanSeringPemborosan makanan (food waste)
5Konsumen tidak memilah sampah dan membuang semua jenis sampah ke satu tempatSangat seringMenghambat proses daur ulang

B. Analisis Penyebab (Akar Masalah)

1. Pembelian air minum kemasan sekali pakai

Ini terjadi karena kenyamanan ekstrem.

  • Air kemasan tersedia di mana-mana

  • Harga murah

  • Tidak ada dorongan membawa botol isi ulang

πŸ‘‰ Masalah utamanya bukan konsumen, tapi ketiadaan insentif untuk alternatif berkelanjutan.


2. Penggunaan kantong plastik

Alasannya simpel dan menyedihkan:

  • Gratis

  • Dikasih otomatis

  • Konsumen jarang menolak

πŸ‘‰ Ini bukan kebiasaan, ini pembiaran sistematis. Kalau plastik dikasih gratis, orang tidak akan mikir dua kali.


3. Kemasan berlapis

Produsen:

  • Fokus ke tampilan dan shelf-life

  • Tidak mikir akhir siklus hidup

Konsumen:

  • Tidak sadar kemasan itu nyaris mustahil didaur ulang

πŸ‘‰ Akar masalahnya: desain produk tidak berbasis Design for Environment (DfE).


C. Saran Solusi Praktis (Realistis, Bukan Idealistis)

1. Insentif dan Disinsentif di Minimarket

  • Kantong plastik tidak gratis

  • Diskon kecil untuk pembeli yang bawa tas/botol sendiri

πŸ‘‰ Orang Indonesia responsif ke harga, bukan ke slogan hijau.


2. Fasilitas Alternatif yang Nyata

  • Dispenser air isi ulang

  • Tempat sampah terpilah yang jelas dan diberi label visual

πŸ‘‰ Jangan salahkan konsumen kalau fasilitasnya aja nggak ada.


3. Edukasi Visual Singkat di Area Kasir

  • Poster kecil: “1 botol plastik = ratusan tahun di alam”

  • Bukan ceramah, cukup nudging psikologis

πŸ‘‰ Tujuannya bukan bikin sadar total, tapi ganggu kebiasaan lama.


Kesimpulan (Versi Tegas)

Perilaku konsumsi tidak berkelanjutan di minimarket bukan kejadian insidental, melainkan hasil dari sistem yang memprioritaskan kenyamanan jangka pendek dan efisiensi ekonomi. Tanpa perubahan pada desain sistem, fasilitas, dan insentif, konsumen akan terus mengulang pola konsumsi yang merugikan lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mind Map Ali Haidar A07

Tugas Mandiri 1 Ali Haidar 07

Tugas Terstruktur 02